Senin, 31 Mei 2010

renovasi ringan dan murah

Melakukan Renovasi Ringan di rumah anda 
Anda mulai merasa bosan dengan tampilan rumah Anda? Punya dana lebih untuk suatu suasana yang lebih fresh dan "hidup"? Maka, silakan melakukan make over (perombakan/renovasi/perubahan) atas rumah Anda sesuai selera dan dana yang tersedia. Hal Ini telah menjadi fenomena yang berlangsung secara diam-diam dan mulai menjadi tren di tengah masyarakat kita.
Kita tak boleh menyalahkan perasaan bosan yang memang ada pada diri setiap manusia. Perasaan bosan atau jenuh merupakan sifat ekspresif manusia sebagai insan yang berakal-budi. Namun, kebosanan atau kejenuhan yang berkepanjangan dapat mematikan kreativitas dan motivasi seseorang.
Demikian halnya kejenuhan atas suasana sekeliling, misalnya suasana rumah (tempat tinggal), berdampak pada kualitas kehidupan manusianya. Merosotnya kualitas kehidupan dengan sendirinya menarik ke bawah kualitas kerja dan kualitas ide yang dapat kita hasilkan. Mungkin anda perlu melakukan perombakan di rumah anda. Berikut ini beberapa perombakan yang dapat kita lakukan agar hidup kita lebih menyegarkan.
Mengganti Pagar Rumah anda
Berdasarkan lokasinya yang berada di garis depan, tentu saja pagar memiliki nilai tambah dalam meningkatkan karakter sebuah rumah apabila dirancang sesuai keinginan dan selera pemilik rumah. Demikian pula bisa dipilih kesan yang ingin diciptakan terhadap orang yang lewat di depan rumah dan melihat pagar anda. Kalau pagarnya bagus dan menarik maka akan membuat orang yang melihat langsung tertarik untuk melihat lebih jauh ke dalam, Desain pagar rumah mungil sebaiknya jangan terlalu rumit dan warna-warni. pilihlah bentuk ramping, sederhana, dan proposional terhadap rumah. Ukuran pagar yang tinggi, besar, serta terlihat "gagah" akan bagus dan pas untuk rumah yang besar dan luas seperti di perumahan elite. Karena walaupun pagarnya tinggi, tapi karena rumahnya juga besar, maka pandangan terhadap rumahpun akan tetap terlihat jelas dari luar. Sedangkan untuk rumah tipe mungil, sebaiknya tidak menggunakan pagar yang tinggi.sehingga nanti rumahnya malah tertutup semua. Pilih saja pagar yang juga mungil atau transparan. 
Mengubah Taman Depan Rumah anda
 Taman sebagai representasi alam dapat kita hadirkan ke dalam rumah. Kita dapat menghadirkan suasana alami dengan cara membuat taman baik itu di depan, di belakang maupun disamping rumah. sebaiknya pilihlah tanaman yang mudah dalam pemeliharaan dan perawatannya. Perlu diperhatikan pula seberapa cepat tanaman itu tumbuh dan berkembang dan berapa banyak tanaman tersebut membutuhkan sinar matahari maupun air agar dapat tumbuh secara optimal. Sehingga kita dapat memutuskan apakah menggunakan tukang kebun khusus atau tidak untuk pemeliharaannnya.
Mengganti Kusen rumah anda
Jika bentuk kusen pintu kita sudah terlihat ketinggalan jaman maka penggantian kusen dapat menjadi alternative. Pemilihan jenis kusen pintu yang digunakan pada sebuah rumah dapat memberikan image terhadap penghuni rumah tersebut. Apakah ramah, hangat dan terbuka ataupun angkuh, dingin dan tertutup. Untuk ekstremnya kita dapat mengambil contoh yaitu sebuah pintu warna putih dengan material yang terbuat dari alumunium dan kaca transparan tentunya akan memberikan kesan yang terbuka dan ramah, namun sebaliknya sebuah pintu pelat baja tanpa rongga bercat hitam akan memberikan kesan kokoh, kaku dan tertutup. Kesan kokoh dan besar juga dapat juga diciptakan dengan cara memberikan architrave di kedua sisinya sehingga pintu menjadi tampak lebih besar dari aslinya. Penggabungan dengan elemen lainnya seumpama dinding batu alam ataupun granit yang berkarakter keras akan membantu menciptakan karakter kaku dan kokoh terhadap pintu utama.
Mengubah Warna cat rumah anda
Warna merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan kita, karena dapat mengubah mood atau perasaan seseorang, menciptakan suasana dan meningkatkan gairah atau semangat bekerja kita. Sebagaimana yang biasa kita jumpai pada mahluk dan tumbuhan yang ada di alam ini. Secara umum Kita dapat memilih untuk menggunakan warna demi mencapai 2 keadaan yaitu yang pertama adalah untuk menyamarkan dan yang kedua adalah untuk mengekspos, menarik perhatian atau menonjolkan suatu keadaan terhadap lingkungannya. Jadi guna menciptakan suasana yang lebih baru, namun dengan cara yang paling mudah untuk dilakukan dan memiliki nilai ekonomis yang paling tinggi adalah dengan mengubah warna catnya. Hal tersebut lebih sering dilakukan jika kita mulai bosan dengan tampilan rumah kita namun kita tidak ingin mengeluarkan dana yang terlalu besar.
Mengubah material fasad rumah anda
Sebagai tampak eksterior, alangkah baiknya jika kita menggunakan material yang relative tahan terhadap cuaca, Pilihlah batu alam yang memiliki porositas/lubang-lubang yang kecil serta karakter keras seperti batu andesit, granit ataupun batu kali. Sehingga mengurangi kemungkinan rusak, berjamur dan berlumut. Jangan lupa untuk memberikan lapisan/coating khusus batu alam sehingga warnanya tetap natural dan tidak mudah pudar sepanjang tahun akibat kelembaban dan panas matahari.
untuk tampilan beton ekspos atau bata ekspos baiknya dilapisi coating demikian pula pemilihan jenis bata yang digunakan untuk ekspos tentunya berbeda dengan bata biasa. Untuk yang tampilan acian dapat menggunakan cat eksterior yang waterproof yang dapat dengan mudah kita peroleh di took material terdekat. Tak lupa untuk tampaksamping dan belakang diberi lapisan cat yang waterproof guna menghindari meresapnya air ke dalam tampak yang dapat mengakibatkan kerusakan.
Untuk penggunakan keramik, marmer atau granit maka kita dapat memilih yang relative kasar pada permukaannya agar tidak licin namun mudah dibersihkan. Pilihlah yang sedikit lebih baik mutunya sehingga tidak mudah rusak dan pudar warnanya. Lebih baik lagi jika menggunakan homogeneus tile, marmer atau granit yang relative tahan lama.
Kesemua hal diatas tersebut akhirnya akan bergantung kepada diri kita masing-masing. Lepas dari masalah kecocokan dan selera, nuansa baru yang muncul di sekeliling kita senantiasa akan memberikan spirit dan nuansa yang baru yang identik dan kental dengan hal-hal kebersihan, pembaruan, dan semangat kreatif. Semuanya kembali pada soal selera, keinginan, dan kesiapan budget masing-masing orang.

Tidak ada komentar: