Selasa, 22 Desember 2009

Desain hemat dan kreatif

Mendesain Ulang Kamar anda secara Kreatif di akhir Tahun
Anda ingin melakukan renovasi kamar yang indah dan menarik tapi tidak mampu mengeluarkan biaya yang besar karena hanya memiliki bujet yang terbatas?. Saat ini telah banyak menyaksikan acara reality show seperti bedah rumah dan acara lainnya. Kita dapat melihat bahwa renovasi dapat dilakukan dengan menggunakan anggaran dan biaya yang terbatas, Sesuatu yang perlu diketahui sebelumnya adalah bahwa diperlukan pemahaman yang tepat tentang seberapa besar batasan dana dan penghematan yang mungkin dapat dilakukan sesuai dengan desain dan bentuk perubahan yang kita inginkan dalam membuat kamar yang baik dan menarik..
Kini saya akan coba memberikan saran bagaimana kita mampu mendekor ulang kamar kita dengan anggaran yang relatif terbatas namun dapat memberikan suasana ruang yang berbeda sesuai dengan keinginan kita.
Persiapan yang baik dan pengumpulan informasi sebanyak-banyaknya.
Melakukan renovasi tanpa rencana yang baik merupakan kesalahan pertama. Sebaiknya anda telah memiliki rencana atau desain yang jelas sebelum anda memutuskan pergi berbelanja ke toko bangunan.
Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan contoh-contoh gambar dari majalah dan Koran atau mengunjungi pemeran dan mendapatkan brosur-brosur desain produk terbaru akan sangat membantu mendapatkan gambaran yang lebih ideal tentang gambaran wujud kamar seperti apa yang kita inginkan. Atau anda dapat juga dengan browsing di internet atau mengunjungi pameran-pameran desain perumahan dan furniture di kota anda.
Pilih dan Pilah-pilah sesuai dengan desain dan kebutuhan kamar anda
Pilihlah dari koleksi-koleksi tersebut beberapa hal yang menarik perhatian anda untuk mendapatkan gambaran mengenai gaya yang sesuai dengan keinginan anda. Mungkin ada beberapa campuran variasi gaya, ide-ide atau gambar yang akan menarik perhatian anda. Kembangkan terus dan coba tuangkan atau padu-padankan beberapa gambar tersebut kedalam rencana terpadu untuk diterapkan di kamar anda.
Setelah anda mendapatkan gambaran yang jelas barulah kita dapat melakukan langkah-langkah berikutnya. Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar dapat menekan bujet yang tersedia :
- Warna dan Cat
- Warna merupakan cara yang paling ampuh dan tidak mahal di dalam mengubah dekor dan suasana kamar anda. Pernahkah anda berpikir mengapa desainer jarang mengecat apartemen menggunakan warna putih. Penggunaan warna yang dramatis akan membuat ruangan anda terlihat semarak. Pergilah ke took cat di sekitar anda dan pilihlah sample warna yang tersedia pada skema warna yang anda sukai sebelum melakukan pemesanan cat.
- Carilah merk cat bermutu yang sedang diberikan diskon, jika anda beruntung anda dapat menemukan warna yang sesuai dengan selera anda dengan harga yang cukup murah mungkin beberapa kaleng cat dengan hanya beberapa puluh ribu rupiah saja. 

- Pencahayaan 
- Pencahayaan yang redup akan membuat ruangan anda terlihat suram. Pastikan ruangan anda memiliki pencahayaan yang cukup . Termasuk di dalamnya penggunaan lampu-lampu untuk kegiatan khusus. Cara yang relative murah untuk menambah pencahayaan dalam ruangan adalah dengan memasang lampu sorot. Anda juga dapat menggunakan lampu track yang dapat digantung pada kawat untuk dapat memebrikan nuansa dan tidak perlu melakukan instalasi ulang dengan cara membobok tembok yang mana akan mengeluarkan biaya yang cukup besar.

- Pajangan dinding
- Untuk pajangan di dinding rumah anda yang terlihat kosong dapat menggunakan koleksi artwork di rumah anda, anda dapat juga memakai foto-foto koleksi anda, foto keluarga dan teman-teman adalah cara yang sangat efektif dan murah untuk menghias dinding di rumah anda. Penggunaan foto-foto hitam putih akan memberikan suasana yang istimewa. Anda dapat mencari tempat cetak foto disekitar rumah anda untuk dapat memperbesar foto yang anda tampilkan. Bingkailah dengan frame yang tidak mahal dan dan finishingnya sederhana yang dapat anda peroleh di toko diskon di sekitar anda. Lukisan atau gambar-gambar repro dari pelukis ternama dapat anda bingkai dengan frame yang bagus dan menarik akan dapat menjadi pajangan yang bernilai dan mengubah suasana ruangan anda menjadi lebih berkelas.

- Jendela
- Kita tidak perlu membuat model jendela yang rumit. Cukup dengan cara membuat model jendela yang simple yang akan mudah disesuaikan dengan selera anda maupun perubahan yang akan anda lakukan. Berikan assesoris atau penutup jendela seperti tirai dati kain atau kayu yang modelnya disesuaikan dengan gaya keseluruhan rumah anda. Buatlah penataan yang menarik baik menggunakan bahan, pola maupun tekstur yang sesuai dengan gaya yang ingin anda tampilkan.
-  
- Tingkatkan apresiasi dan selera seni anda.
- Perluas wawasan anda dengan sering melihat model-model furniture di café atau restoran favorit anda atau majalah-majalah desain terbaru sehingga apresiasi desain anda meningkat. Cobalah untuk melihat contoh-contoh desain di toko atau majalah desain terbaru dan tiru semangat atau gaya yang digunakan, namun bukan dengan cara membeli barang tersebut karena dana anda terbatas melainkan dengan cara membuatnya atau membeli dengan model yang cenderung menyerupai secara visual namun lebih sederhana dalam desain dan tidak menggunakan material yang mahal. Istilahnya mungkin spek down. Dengan penataan dan pengaturan kombinasi yang ada di majalah. Anda mungkin akan kaget dengan apa yang akan anda dapatkan.

- Kursi dan Sofa
- Anda belum memiliki dana guna mengganti sofa dan kursi anda. Gunakanlah penutup sofa atau kain dengan bahan yang menarik dan sesuai dengan tema keseluruhan ruang anda. Tambahkan assesoris jika perlu dan buat penutup bantal dengan warna-warna yang sesuai dengan pilihan anda agar lebih semarak. Sekali lagi cobalah browsing di internet atau lihat majalah-majalah terbaru untuk mendapatkan kain penutup sofa yang menarik.

- Assesories
- Buatlah assesoris yang simple, kotak kayu yang menempel pada dinding atau ambalan-ambalan kayu yang terlihat melayang pada dinding akan menambah kesan gaya pada rumah anda. Kejelian anda menata barang untuk dipajang dan memilih assesoris yang tepat dan serasi akan membuat ruang anda terlihat menarik. Tidak harus mahal, cobalah mengunjungi pameran kerajinan tangan yang menampilkan hasil kerajinan dari seluruh pelosok nusantara seperti inacraft, banyak hal bias kita dapatkan disana. Hasilnya akan segera nampak dan terlihat setelah ditata dan dipadukan dengan keseluruhan ruangan dengan baik.

- Obral akhir tahun atau Penjualan Promosi
- Sering-seringlah mampir atau melihat-lihat ke toko lampu atau Supermarket bahan bangunan, kadang ada beberapa item interior, assesoris, tirai atau lampu yang masih dapat dipakai dan sesuai dengan kebutuhan kamar anda namun dijual dengan harga miring. 
Demikianlah beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam mengubah suasana kamar anda secara kreatif. Sampai anda mencoba melakukannya maka anda tidak akan tahu apa yang akan anda dapat. Selamat berkreasi

Tidak ada komentar: